Sebagai Dokter Muslim, Saya Tidak Mengatakan Vaksinasi Itu Boleh, Saya Katakan Itu Wajib 

Nour Akhras, Spesialis Penyakit Menular

Saya telah memikirkan, menulis tentang, berbicara tentang dan mengajar tentang SARS-CoV2 dan Covid19 bahkan sebelum virus itu dinamai, pandemi diumumkan atau pemerintah AS telah menyerukan keadaan darurat nasional dan ditutup. Saya seorang dokter penyakit menular pediatrik dengan pelatihan dan mantan peneliti di laboratorium biologi seluler dan molekuler. Saya telah menyarankan dewan masjid lokal saya untuk tidak  umrah perjalanan pada bulan Maret 2020 sebelum pemerintah Saudi menutup ziarah yang lebih rendah dan menyarankan penutupan masjid untuk sholat wajib karena keyakinan saya bahwa sholat berjamaah selama pandemi ini yang disebabkan oleh virus pernapasan akan membahayakan nyawa. Saya telah menggunakan akun media sosial saya untuk mengedukasi komunitas Muslim saya dan masyarakat luas tentang bahaya Covid19 dan bagaimana melindungi diri kita sendiri karena saya percaya pada hadits Nabi Muhammad – saw – tentang perumpamaan kapal.  

Saya menghabiskan akhir Februari mendorong kembali protokol kesehatan masyarakat untuk menguji pasien saya ketika protokol hanya melibatkan pengujian mereka yang memiliki riwayat perjalanan atau ikatan epidemiologis dengan orang yang terinfeksi karena pernah bekerja di rumah sakit tempat pasien Amerika kedua dirawat dengan Covid19, saya tahu bahwa virus itu sudah ada di masyarakat. Saya merawat salah satu pasien anak Amerika pertama dengan MIS-C (sindrom inflamasi multisistem pada anak-anak) pada awal April sebelum entitas itu bahkan dinamai oleh CDC pada pertengahan Mei dan kemudian menghabiskan bulan berikutnya untuk mengajar dokter anak tentang hal itu. Saya menghabiskan sebagian besar bulan November untuk mempersiapkan kuliah tentang 13 kandidat vaksin yang diharapkan mulai dikembangkan termasuk Pfizer,  Moderna , Johnson and Johnson dan Astra  Zenece, membaca setiap studi yang diterbitkan tentang topik tersebut.   

Pada tanggal 18 Desember 2020, saya diundang untuk menjadi salah satu orang Amerika pertama yang divaksinasi dengan vaksin Pfizer. Saya shalat istikharah  dan bergerak maju. Saat itu, AS telah mendekati tonggak setengah juta kematian akibat Covid19 dan ada laporan 10% pasien yang terinfeksi menjadi penumpang jarak jauh. Long hauler adalah pasien yang terinfeksi Covid19 tetapi terus mengalami gejala seperti sesak napas, brain fog, kelelahan, pusing dan lain-lain berbulan-bulan setelah infeksi akut. Apa yang tidak diketahui pada Desember 2020 dan terus tidak diketahui hari ini adalah mengapa SARS-CoV2 merusak tubuh beberapa orang muda yang sebelumnya sehat, bukan hanya orang tua, atau obesitas atau mereka yang memiliki masalah kardiopulmoner yang mendasarinya.  

Saya menghabiskan sebagian besar bulan Desember dan Januari 2021 untuk mendidik orang-orang tentang vaksin, meyakinkan dan mendorong semua orang di sekitar saya untuk divaksinasi karena sebagai ahli penyakit menular, saya percaya dan terus percaya bahwa ini adalah satu-satunya cara paling efektif saat ini untuk keluar dari sini. pandemi. Dan sekarang ketika CDC memperingatkan tentang gelombang keempat infeksi yang melanda Amerika Serikat, saya menjadi lebih tegas daripada sebelumnya tentang kewajiban kita yang sebenarnya untuk divaksinasi. Saya tidak berbicara tentang kebolehan lagi; Saya berbicara tentang kewajiban.   

Jika tidak ada kontraindikasi yang ditentukan oleh dokter Anda untuk divaksinasi, itu adalah keyakinan saya bahwa sebagai Muslim, kita wajib divaksinasi seperti yang saya yakini adalah kewajiban kita untuk memakai masker, sering mencuci tangan dan mempraktikkan jarak sosial selama ini. pandemi. Agama Islam mengajarkan kita untuk mengandalkan pendapat para ahli. Dalam Al-Qur'an, Allah – Ta’ala – menyatakan bahwa kita harus “…bertanyalah kepada orang-orang yang memiliki pengetahuan…” jika kita tidak mengetahuinya [16:43]. Semua ahli di arena ini, ilmuwan, dokter penyakit menular, dan ahli epidemiologi, mengatakan hal yang sama: tolong divaksinasi dan lakukan sekarang. Siapa pun yang merekomendasikan menunggu, meluangkan waktu dalam proses vaksinasi atau berbelanja vaksin jelas tidak memiliki pemahaman yang mendalam tentang epidemiologi, evolusi, atau virologi.   

Dalam pandemi penyakit menular yang dipimpin oleh virus RNA, waktu sangat penting. Mencapai tingkat kekebalan yang tinggi di seluruh populasi manusia diperlukan untuk mencegah atau setidaknya mengurangi kemungkinan munculnya varian mutan yang lebih mematikan. Itulah mengapa ini berpacu dengan waktu. Karena semakin banyak orang menjadi kebal, virus "tahu" perlu berevolusi atau akan punah.   

Beberapa orang menentang penggunaan vaksin Johnson dan Johnson yang baru-baru ini disetujui di AS karena vaksin tersebut dibiakkan dalam garis sel retina yang dimodifikasi secara genetik yang diperoleh dari janin yang diaborsi. Teknologi pembuatan vaksin menggunakan garis sel manusia dari janin yang diaborsi bukanlah hal baru atau terisolasi dari vaksin Johnson and Johnson Covid19 (atau vaksin Astra Zeneca yang juga dibiakkan dalam garis sel janin yang diaborsi). Bahkan, teknologi ini telah digunakan dalam memproduksi beberapa vaksin MMR (campak, gondok, rubella), herpes zoster dan varicella. Penting untuk dicatat, bahwa garis sel ini diisolasi dari janin yang sudah diaborsi dan bahwa janin tidak diaborsi untuk tujuan pengembangan vaksin. Garis sel ini diisolasi beberapa dekade yang lalu dan terus digunakan sampai sekarang. Isi vaksin dimurnikan dari bahan kultur sel yang berarti bahwa sangat tidak mungkin ada bahan genetik manusia yang tertinggal dalam produk vaksin akhir. Dikatakan demikian, umat Islam tahu bahwa pada saat dibutuhkan, mengkonsumsi makanan yang dilarang sekalipun menjadi diperbolehkan. Dan dalam hal pandemi, waktu kebutuhan adalah kemarin. Kami tidak memiliki waktu yang mewah untuk menunggu sampai ada kesempatan untuk mengambil vaksin pilihan kami. Jika diberi kesempatan untuk divaksinasi, saya mendesak semua rekan seagama saya untuk mengambil salah satu dari tiga vaksin yang tersedia di AS saat ini, Pfirzer, waktu yang dibutuhkan adalah kemarin. Kami tidak memiliki waktu yang mewah untuk menunggu sampai ada kesempatan untuk mengambil vaksin pilihan kami. Jika diberi kesempatan untuk divaksinasi, saya mendesak semua rekan seagama saya untuk mengambil salah satu dari tiga vaksin yang tersedia di AS saat ini, Pfirzer, waktu yang dibutuhkan adalah kemarin. Kami tidak memiliki waktu yang mewah untuk menunggu sampai ada kesempatan untuk mengambil vaksin pilihan kami. Jika diberi kesempatan untuk divaksinasi, saya mendesak semua rekan seagama saya untuk mengambil salah satu dari tiga vaksin yang tersedia di AS saat ini, Pfirzer, Moderna  atau Johnson and Johnson, bahkan jika kesempatan itu datang di bulan Ramadhan karena vaksinnya bersifat intra-muskular tanpa nilai gizi untuk membatalkan puasa.  

Di awal pandemi, sebagai peserta  obrolan Whatsapp yang terdiri dari wanita Muslim yang menghadiri masjid lokal saya, saya berkomentar tentang perlunya mematuhi pedoman kesehatan masyarakat yang dikeluarkan dan seorang wanita yang tidak' tidak tahu siapa saya atau apa yang saya lakukan untuk mencari nafkah mengatakan kepada saya untuk "bersantai karena kita semua akan mati di beberapa titik" yang saya jawab "Saya tidak takut mati karena kita tahu bahwa setiap jiwa akan mengalami kematian. Tetapi saya takut menghadap Allah –  subhanahu  wa  ta'ala  – mengetahui bahwa mengabaikan pedoman yang dikeluarkan oleh departemen kesehatan masyarakat saya membuat saya menular ke individu berisiko tinggi yang akhirnya tertular dan meninggal karena Covid karena tindakan saya.” Dan hal yang sama akan berlaku jika itu terjadi karena kelambanan saya.   

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Sukses Pengusaha Lokal di Panggung Ekspor Internasional

Anti Boros! Ini Daftar 10 Negara untuk Liburan Murah

Paket Wisata Karimun Jawa: Pilihan Ideal untuk Bulan Madu Romantis